Isi Kandungan Surat Yasin yang Dapat Jadi Renungan Bagi Umat Islam

Isi Kandungan Surat Yasin yang Dapat Jadi Renungan Bagi Umat Islam

Surat Yasin memiliki isi kandungan yakni sejumlah firman Allah Swt yang sudah ditulis secara jelas dalam Alquran. Salah satunya, adalah membeberkan mengenai kedudukan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasulullah.

Seperti yang kita ketahui, surat ini turun di Mekkah dan menjadi petunjuk bagi seluruh umat Islam. Surat ini adalah surat ke 36 dalam kitab suci Alquran dan diturunkan setelah Surat Al jinn.

Terdiri atas 83 ayat, surat ini dikelompokan menjadi golongan surat yang sedang. Umumnya ayat yang panjang dapat terdiri atas 50 sampai 100 ayat. Tidak hanya itu, surat ini pun menjadi sanggahan bagi kaum kafir Quraisy yang enggan mengakui kenabian Nabi Muhammad SAW.

Surat ini dinamai Surat Yasin karen lafal pertama dari surat ini diawali dengan bacaan Yaasin yang maknanya tidak pernah dijelaskan oleh Allah Swt ataupun Rasulullah SAW. Akan tetapi, surat ini memiliki isi dan kandungan yang mempunyai banyak hikmah dan keistimewaan yang bisa diambil.

Kandungan Surat Yasin dalam Alquran

Terdapat sejumlah isi kandungan dari surat ini yang sangat bermakna dan bisa menjadi hikmah untuk umat Islam agar terus bertakwa dan beriman kepada Allah Swt. Anda dapat menyimak penjelasan lebih lengkap dengan membaca artikel ini hingga selesai.

1. Perjuangan Pendakwah dan Syuhada
Surat ini memiliki kisah perjuangan pendakwah dan syuhada pada masa itu. Saat itu para penduduk Mekah enggan mengakui dan bahkan menolak kenabian Nabi Muhammad SAW. Dalam surat ini, kisah tersebut diceritakan dengan panjang dan lebar lewat ayat 13 sampai 29.

Diceritakan, penduduk suatu kota yang membela seorang pendakwah muslim. Ketika pendakwah itu mendapat ancaman pembunuhan dari penduduk kota yang ingkar, salah seorang penduduk kota itu dengan berani beriman dan membela sang pedakwah.

Akhirnya, orang pemberani tersebut jadi syuhada karena usai dibunuh dengan kejam oleh kaumnya sendiri dan dimasukan oleh Allah ke dalam surga. Ketulusan orang pemberani itu yang membuatnya menjadi syuhada, hal itu pun diceritakan pada ayat 26 dan 27.

2. Mengungkap Kebesaran Allah
Surat Yasin pun memiliki keterkaitan yang erat dengan ilmu pengetahuan. Sebab, dalam ayat 33 sampai 50 ada banyak hikmah dan pelajaran untuk umat muslim yang ingin mengkajinya secara mendalam memakai akal.

Dalam ayat-ayat tersebut pun dijelaskan mengenai dunia astronomi. Mulai dari adanya siang dan malam, serta perputaran bumi yang sesuai dengan garis edarnya. Hal itu tentu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah yang patut kita yakini agar kita semakin beriman.

3. Mengingat Kematian
Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan menghadapi ajal atau kematian. Hal itu akan datang tanpa terkecuali, bahkan muda maupun tua semuanya akan mati. Dalam surat Yasin, terdapat banyak ayat yang membahas mengenai kematian dan hari kebangkitan.

Semua itu sudah dituliskan dalam Alquran melalui surat Yasin sebagai pengingat untuk seluruh umat manusia sehingga bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dengan begitu, pesan itu membuat kita lebih banyak beribadah dan bertaubat sebelum ajal menjemput.

Itu dia sejumlah isi kandungan Surat Yasin dalam Alquran yang banyak memberikan hikmah dan pelajaran untuk kita dalam hidup di dunia. Surat ini mengingatkan tentang bagaimana kebesaran Allah terhadap seluruh alam semesta dan segala makhluk yang sudah diciptakannya. Sementara manusia, hanyalah butiran debu yang bertebaran di alam semesta, tetapi masih saja memiliki rasa angkuh dan sombong.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.