Menjajal Sensasi Kenyamanan Bus Sultan Avante H8 Grand Seigneur di GIIAS 2022

Di pameran otomotif GIIAS 2022, Karoseri Tentrem dari Malang, Jawa Timur, memamerkan 3 unit bus terbarunya. Satu diantaranya yang menjadi model flagship sekaligus jadi bintang di booth Tentrem adalah bus Avante H8 Grand Seigneur. Bus berkelir biru cerah kombinasi ini memang membetot perhatian pengunjunbg GIIAS 2022 sejak hari pertama pameran Kamis, 11 Agustus 2022 lalu di ICE BSD City, Tangerang. Ini karena bus Avante H8 Grand Seigneur menyuguhkan interior yang sangat premium untuk kebutuhan perjalanan jauh, baik untuk keperluan bisnis maupun berwisata. Interiornya mengusung konsep Ultra Comfort Private Room dengan kursi personal untuk setiap penumpang dengan korden di sisi kaca kiri kanan yang bisa dibuka tutup secara elektris menggunakan tombol di pilarnya.

Bus ini juga dilengkapi dengan Cooking Space semacam pantry mini. Lantainya juga dirancang mewah menggunakan material dari Tarabus. Kabin bus bagian belakang terdapat sofa berwarna krem yang dapat mengakomodir sekitar 6 orang dewasa dengan kaca belakang yang sudah dilengkapi dengan curtain warna coklat. Untuk keperluan ke belakang saat di perjalanan, interior bus Avante H8 Grand Seigneur juga sudah dilengkapi dengan toilet.

Infotainment Kelas Sultan Untuk kebutuhan hiburan di perjalanan, dijamin tidak akan bikin gabut. Bus ini sudah dilengkapi dengan layar televisi LED berukuran jumbo, wifi untuk akses mobile internet, audio system on demand, DVD, head unit double din, speaker dan subwoofer dengan pre amplifier. Untuk keamanan di perjalanan saat kondisi emergensi, bus ini sudah dilengkapi dengan pintu darurat di sisi kanan belakang, palu pemecah kaca serta alat pemadam api ringan.

Kursi sultan yang empuk dengan reclining seat berkonfigurasi 2 1 di sisi kanan dan kiri dipasok oleh Rimba Kencana, Malang. Duduk di kursi ini terasa nyaman di badan dan di pinggang. Sandaran kepalanya tidak membuat cepat lelah. Windscreen nya sudah menggunakan material laminated, sementara kaca samping menggunakan tipe tempered glass.

Antara ruang kabin pengemudi dan ruang kabin penumpang terdapat sekat partisi dengan kaca dan pintu untuk memberikan privasi maksimum kepada penumpang selama di perjalanan. Kabin bus ini tidak dilengkapi dengan bagasi rak atas atau bagasi di atas kursi penumpang. Pada bagian belakang di dekat pintu emergensi terdapat sepasang kursi tambahan untuk tenaga pengawalan.

Ruang istirahat pengemudi Untuk perjalanan jauh, bus semacam ini biasanya dioperasikan dengan dua pengemudi. Jika salah satu pengemudi sedang ingin beristirahat, karoseri Tentrem sudah menyiapkan sebuah ruang khusus di bagian bawah lantai bus Avante H8 Grand Seigneur sebuah bilik mini yang dirancang nyaman untuk keperluan beristirahat.

Bilik mini ini bisa diakses dari sisi kanan bus dan sudah dilengkapi dengan matras empuk dan fitur komunikasi dengan awak bus di kabin di atasnya. Untuk membawa barang bawaan penumpang, bus ini mengandalkan bagasi samping. Terdapat dua pintu akses naik dan turun penumpang, di pintu bagian depan tipe sliding pneumatic, dan pintu tengah di sisi kiri tipe swing.

Bus ini dilengkapi dengan spion tanduk di sisi dan kanan pengemudi dengan multi angle rear mirror. Meski menggunakan kaca depan tipe double glass, pandangan ke depan dari dalam kabin bus ini dirancang tetap lapang, tidak terganggu oleh pilar horisontal di kaca depan. Di bawah dasbor depan di bagian kiri terdapat laci kecil untuk menampung aneka utilities.

Bodi bus ini dibangun menggunakan material yang bisa dipesan opsional oleh konsumen, yakni menggunakan baja galvanil atu material aluminium. Bus ini dibangun menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1626 transmisi otomatis dengan panjang bodi 12 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 3,8 meter. Di pameran GIIAS 2022 bus ini sudah laku terjual ke Perusahaan Otobus (PO) Bagong, Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.