Presiden Jokowi Berduka Tjahjo Kumolo Meninggal: Pak Tjahjo Pribadi Sederhana, Nasionalis Sejati

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berduka atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. "Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, saya atas nama pribadi, keluarga, bangsa dan negara menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya saudara kita, sahabat kita Bapak Tjahjo Kumolo Menpan RB hari ini Jumat 1 Juli 2022 pukul 11.10 menit di Jakarta," ucap Jokowi dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/7/2022). Diketahui saat ini Presiden Jokowi saat ini masih dalam rangka kunjungan kerja di berbaia negara, termasuk saat ini berada di Uni Emirat Arab.

Dalam video tersebut Jokowi juga mengungkap soal sosok Tjahjo Kumolo. Di mana dirinya mengatakan Tjahjo merupakan pribadi yang sederhana. "Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana, seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat bangsa dan negara," lanjutnya.

"Semoga almarhum Pak Tjahjo Kumolo mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan Amin ya robbal alamin," tutup Jokowi. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Kabar duka meninggalnya Tjahjo Kumolo dikonfirmasi oleh anak sulungnya, Rahajeng saat ditemui awak media di di Rumah Sakit Abdi Waluyo.

Dikatakannya, Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini sekira pukul 11.00 WIB. Tjahjo meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit. "Saya mewakili keluarga pak Tjahjo membenarkan berita bahwa bapak sudah berpulang hari ini kurang lebih jam 11," katanya, dikutip dari tayangan YouTube, Kompas TV.

Rencananya jenazah Tjahjo Kumolo akan disemayamkan sementara di rumah dinas untuk dimandikan. "Kemudian akan disalatkan dekat kantor Menpan RB. Setelah itu mungkin abis Ashar atau setelah disalatkan rencanaya akan disemayamkan di Kalibata," pungkasnya. Semasa hidup Tjahjo dikenal sebagai seorang politisi senior di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P).

Di PDI P, Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI P periode 2010 2015. Dikutip dari laman di kepengurusan DPP PDIP periode sebelumnya, Tjahjo duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI P. Politisi PDIP, Junimart Girsang mengatakan Tjahjo dikenal baik hati dan rendah hati.

Dirinya mengatakan selalu menarik tatkala berbicara politik dengan Tjahko Kumolo. "Tokoh politik Indonesia, 5 periode di DPR dan sangat menarik berbicara politik dengan beliau, sebelum dan sesudah menjadi Sekjen PDI P saya dekat dengan beliau, sering berkomunikasi," ujarnya, dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV, Jumat (1/7/2022). Selain Junimart, Eriko Sotarduga selaku Ketua DPP PDI Pjuga memberikan pujian terhadap Tjahjo.

Dirinya mengatakan sosok Tjahjo Kumolo merupakan orang yang baik hati yang selalu tersenyum dan tidak pernah marah. "Saya mendampingi beliau sebagai Sekjen selama 5 tahun merasakan betul kedekatan bersama beliau," ucapnya. Selain itu dirinya juga menyebut Ketua Umum PDI P Megawati Soekarnoputri juga merasakan rasa duka cita yang mendalam.

Eriko juga mengatakan, Tjahjo merupakan kader PDI P yang terbaik. "Ibu Ketua Umum PDIP Megawawati Soekarnoputri menyampaikan rasa duka cita yang mendalam dan memerintahkan kepada Sekjen dan seluruh jajaran untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada Almarhum," katanya. Sementara itu dikutip dari laman resmi Kemenpan RB, dirinya meraih penghargaan dari sejumlah prestasi yang diraihnya.

Tjahjo pernah mendapatkan Bintang Alumni Kehormatan AKPOL Semarang, Penghargaan Bintang Emas dari Kapolri. Dirinya juga pernah meraih Pin Alumni Kehormatan IPDN, Bintang Penghargaan Kerajaan Sulawesi, dan Bintang Penghargaan Pemda Provinsi Sulawesi Selatan. Dikutip dari laman , berikut riwayat jabatan di kabinet pria kelahiran Solo, 1 Desember 1957 ini:

Kabinet Indonesia Maju 2019 2024 sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Kabinet Indonesia Kerja 2014 2019 sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP)

Wakil Ketua Komisi Kepolisian Hukum dan HAM RI Pernah Menjadi Menteri Pertahanan Ad intern Tahun 2014 : Ketua Tim Sukses Capres Cawapres Jokowi Jusuf Kalla

Tahun 2010 : Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Tahun 2010 : Ketua Fraksi DPR PDIP Tahun 2005 : Ketua DPP PDIP

Tahun 2000 : Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI Tahun 1998 : Direktur SDM DPP DPIP Tahun 1987 2014 : Anggota DPR MPR RI dari Dapil Jawa Tengah (6 periode jabatan)

Tahun 1984 1992 : Ketua KNIP Jawa Tengah, Sekjen KNIP Pusat, Ketua Umum KNIP Pusat Tahun 1989 2015: Ketua Pusat PPM, Dewan Penasehat FKPPI Tahun 1985: Sekretaris MKGR Mayjen TNI RH Soegandhi Jawa Tengah

Tahun 1988: Pengurus Pleno Dewan Harian Nasional 45, Anggota Dewan Film, Anggota IDF Bappenas RI

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.