Respons Golkar Seusai PAN Beri Sinyal Usung Sandiaga Uno Maju Capres 2024

Partai Golkar merespons Partai Amanat Nasional (PAN) yang memberi sinyal seolah bakal mengusung Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan semua peluang terkait sosok yang bakal diusung masing masing anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih terbuka. Namun untuk Golkar, sambung dia, bakal tetap mengusung Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto untuk maju capres 2024.

“Ya semua kemungkinan ya yang terpenting buat Partai Golkar adalah bahwa kita konsisten dengan hasil Munas,” kata Ace Hasan Syadzily kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2022). “Soal nama nama siapapun nanti, akan dibahas bersama Ketua Umum parpol,” ujarnya menambahkan. Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini enggan mengomentari soal potensi Sandiaga Uno diusung oleh PAN yang merupakan partai koalisi KIB. Menurut dia, itu adalah kewenangan Ketua Umum masing masing partai di KIB.

“Itu kewenangan dari Ketua Umum ketiga Ketum tersebut. Tentu nanti bisa ditanayakan mereka,” kata Ace. “Tapi yang jelas siapapun harus memiliki efek elektoral bagi capresnya sehingga dan tentu dapat membangun kinerja capres, terutama dalam konteks visi yang telah disampaikan oleh KIB,” lanjut dia. Mengenai potensi Sandiaga dari sisi elektoral, Ace pun enggan berkomentar. Ia beranggapan bahwa semuanya akan dikembalikan kepada forum di koalisi.

Sebab, kata dia, penentuan capres dan cawapres berada pada bagian akhir yang akan dibahas pendaftaran pada tahun depan. “Ya tentu kita kembalikan kepada forum karena pembahasan capres cawapres itu pada chapter akhir, Jadi saya tidak bisa jawab itu,” tuturnya. Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) berbicara soal dukungannya terhadap Sandiaga Uno. Sandiaga yang merupakan politisi dari Partai Gerindra disebut tokoh potensial untuk maju menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Memang sangat dekat Bang Zul (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan) dengan Bang Sandi,” kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto kepda wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2022). “Dan Bang Sandi menurut saya salah satu tokoh potensial untuk diusung di tahun 2024,” ujarnya menambahkan. Wakil Ketua MPR RI ini menjelaskan alasan Sandiaga disebut sebagai tokoh potensial. Menurutnya, eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu masih enerjik hingga punya pengalaman mumpuni.

“Jadi kalau ada partai politik atau tokoh bangsa melirik dia sangat wajar,” ujarnya. Seperti diketahui, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zukifli Hasan (Zulhas) yang juga Menteri Perdagangan RI menyampaikan dukungannya kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno. Hal tersebut disampaikan Zulhas saat bertemu dengan Sandiaga Uno di sela sela kegiatan Indonesia Retail Summit 2022 yang dilaksanakan di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin (15/8/2022).

Sandiaga Uno saat itu berjumpa dengan Zulhas di panggung saat sedang memberikan sambutan (speech). Dalam kesempatan tersebut Sandiaga Uno dan Zulhas juga sempat berfoto bersama dengan akrab. Setelah selesai berfoto dan berbincang bersama, Zulhas kemudian menyampaikan dukungannya kepada Sandiaga Uno yang akan pergi untuk melaksanakan kegiatan lainnya.

"Pilpres tahun lalu saya mendukung beliau (Sandiaga Uno) semoga 2024 bisa mendukung lagi," ujar Zulkifli Hasan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.