Ungkapan Bangga Bupati Buton saat Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Dolomani

Bupati Buton, La Bakry, mengungkapkan rasa bangganya saat pakaian adat kebesaran Kesultanan Buton dikenakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara peringatan HUT ke 77 RI, Rabu (17/08/2022). Pakaian Dolomani yang dikenakan Jokowi menjadi pakaian Kesultanan Buton pertama yang dikirim ke Istana Negara. La Bakry mengatakan sebagai bagian dari mantan Kesultanan Buton ia merasa bangga atas kesempatan ini.

Pemilihan pakaian adat sebagai nominasi pakaian presiden adalah sebuah penghargaan. Menurutnya, ketika pakaian tersebut digunakan Buton juga akan dikenal memiliki peradaban yang agung. "Selama ini kita perjuangkan daerah eks Kesultanan Buton sehingga bisa mendapat ruang di hati Presiden," kata La Bakry, Rabu (17/8/2022) dikutip dari

Lebih lanjut, La Bakry pun berharap Presiden Jokowi juga bisa berkunjung ke daerah Kepulauan Buton. "Dan kita berharap Presiden bisa berkunjung ke daerah Kepulauan Buton," lanjutnya. Pakaian Dolomani sendiri adalah nama dari pakaian adat Sultan Buton yang terdiri dari baju, celana, sarung, dan kopiah.

Pakaian ini dikenakan dengan kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat). Dolomani dikenal dengan dua warna yakni merah dan hitam. Baju ini merupakan salah satu di antara pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara upacara resmi kesultanan.

Tak hanya Jokowi, Ibu negara, Iriana Jokowi pun juga memakai baju adat Buton. Iriana memakai baju adat Buton berwarna biru emas yang disebut Kombo. Pakaian tersebut merupakan baju adat kebesaran bagi para wanita Buton.

Iriana juga memakai tutup kepala dalam adat Buton disebut Tipolo. Tipolo memiliki beberapa hiasan seperti bunga ija sebagai penyangga. Kemudian terdapat patiga, gulu gulu, popungu.

Patiga adalah kain ukiran di atas beludru hitam yang dipasang menutupi telinga. Jokowi memang kerap mengenakan pakaian adat saat mengahadiri perayaan HUT Kemerdekaan RI. Seperti tahun tahun sebelumnya Jokowi pernah mengenakan pakaian adat dari Betawi,Aceh, Sumatera Barat, hingga Bugis.

Pada tahun ini Jokowi berkesempatan mengenakan baju adat Dolomani dari Buton. "Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton." "Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah juga Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Jawa, Betawi, kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua."

"Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan. Jumlahnya ribuan," ujar Presiden Jokowi, Rabu (17/8/2022) dikutip dari . Lebih lanjut, Jokowi menyebut akan tetap mengusung pakaian adat tanah air untuk upacara memperingati kemerdekaan RI. "Nanti sampai ke Maluku, Papua, semuanya nanti semuanya akan kita angkat," sambung Jokowi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.